Seputar Ilmu Pengetahuan Bahasa Indonesia

Fajrin.Net

Blog sederhana ini membahas materi bahasa Indonesia. Materi yang disajikan ialah materi untuk sekolah jenjang SMP dan SMA. Selain mengulas tentang materi, blog ini juga membahas perkembangan teknologi pembelajaran. Semoga bermanfaat
KBBI

Kamus yang memuat kelas kata, ragam, bidang, dan bahasa dari berbagai daerah.

PUEBI

Pedoman ejaan pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca.

Referensi Tambahan

Buku Seri Penyuluhan Bentuk Pilihan Kata, Ejaan, Kalimat, Paragraf, dan Tata Istilah.

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP dan SMA.

Kelas 9: Teks Laporan Hasil Percobaan (Pengantar)

Teks laporan hasil percobaan berarti teks yang berisi informasi hasil eksperimen yang ilmiah. Dalam menguasai teks laporan percobaan, ada beberapa hal yang perlu dipahami, yakni eksperimen tentang apa, bagaimana bahan dan alatnya, mengetahui langkah-langkahnya, dan apa tujuannya.

Jika menyangkut tentang eksperimen, materi ini bisa dikolaborasikan dengan mata pelajaran IPA atau Prakarya. Teknis penulisan laporannya ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar LHP mencakup (1) mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll); (2) menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca; (3) menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll); dan (4) menyajikan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.

Kompetensi dasar yang pertama siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi dari LHP yang dibaca dan didengar. Cara mengidentifikasi ini bisa dengan membaca per paragraf kemudian tentukan isinya.

Kompetensi dasar yang kedua siswa diharapkan mampu menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam LHP. Kompetensi ini nanti siswa dihadapkan dengan contoh LHP kemudian siswa menyimpulkan per bagiannya (tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil) atau keseluruhannya.

Kompetensi dasar yang ketiga siswa diharapkan mampu menelaah struktur dan kebahasaan dari LHP. Kompetensi ini nanti siswa dihadapkan dengan contoh LHP kemudian menelaah struktur dan kaidah kebahasaannya. Strukturnya terdiri atas judul, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, hasil, dan simpulan, sedangkan kaidah kebahasaan teks LHP mencakup mengandung istilah ilmiah, kata generik, verba instruksi, kopula, konjungsi, dan biasanya disertai tabel, grafik, bagan, atau diagram (Kosasih, 2017:24-25).

Kompetensi dasar yang terakhir yakni mulai mempraktikkan membuat LHP. Dalam menyajikan LHP, pastikan memperhatikan struktur, kaidah kebahasaan, dan ketepatan ejaan dan tanda baca.

Tambahan

Lalu, apa perbedaan LHP dengan teks prosedur? Karena secara isi hampir mirip. Perbedaan dalam penguasaan materi adalah LHP menitikberatkan pada menyusun laporan membuat sesuatu, sedangkan teks prosedur hanya menjelaskan proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Jikalau teks prosedur menjelaskan proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat, LHP hanya tentang membuat sesuatu, tidak ada LHP melakukan dan menggunakan sesuatu.

Jadi, kalian sudah punya angan-angan ingin bereksperimen tentang apa? Buatlah laporannya.

Referensi
Kosasih, E. (2017). Buku Bahasa Indonesia Siswa Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fajrin Ilham H. Pengajar Bahasa Indonesia asal Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.
Buka Komentar

NEWSLETTER